Jumat, 25 Januari 2013

Permainan dalam belajar bahasa Inggris

 

Bagi pengajar bahasa inggris, tujuan dari pemberian pelajaran bahasa Inggris adalah supaya anak bisa menggunakan bahasa tersebut. Dengan menggunakan permainan bahasa Inggris lah secara tidak sadar siswa akan ikut serta dalam menggunakan bahasa Inggris dan juga secara langsung merangsang ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Alasan lain untuk menyisipkan permainan dalam belajar bahasa Inggris adalah:
  1. Memusatkan perhatian siswa terhadap struktur bahasa yang spesifik, pola-pola grammar, dan tentunya kosa kata atau vocabulary.
  2. Menjadi penguat, peninjau, dan pemer-kaya pelajaran.
  3. Menjamin keikutsertaan siswa dalam belajar bahasa Inggris secara maksimal.
  4. Dapat digunakan di semua kemampuan bahasa seperti speaking, reading, listening atau writing.
  5. Memberikan kontribusi terhadap suasana persaingan yang sehat antar siswa.
  6. Memberikan jalan untuk menggunakan bahasa Inggris dengan kreatif dalam situasi yang tidak menekan.
  7. Melibatkan partisipasi yang setara antara siswa yang cepat dan lambat belajar bahasa Inggris.
  8. Dapat disesuaikan dengan umur dan tingkatan bahasa Inggris siswa.
  9. Dapat digunakan baik secara individu maupun kelompok.

 

MEMORY GAME (PERMAINAN MEMORI)
Pada masing-masing dari 30 kotak ada sebuah kata atau gambar.
Cocokkan kata dan gambar sebanyak mungkin agar bisa
mengalahkan computer.

Anda berusaha mencocokkan:
- Kata dengan gambar
- Sinonim (padanan kata)
- Antonim (lawan kata)
 

 SECRET MESSAGE 

                                                              Pesan sebelum bermain
Dalam permainan ini kamu dan kawan-kawanmu berlatih kecermatan dalam membaca pesan/kalimat bahasa inggris, dan memperdalam “WH-question” (what, who, where, when, which, why, and how) dan kalimat perintah (command).


  • Membentuk kelompok yang terdiri atas 3-5 orang.
  • Untuk lebih meyakinkan penampilanmu, maka kamu dan semua kawan yang akan bermain sah-sah saja bila berandai-andai sebagai DETECTIVE yang harus memecahkan sandi secara bersama. Sandi itu berupa : pesan, perintah, atau pertanyaan yang di tulis secara rahasia pada sebuah kartu.
  • Apabila pesan rahasia itu berupa pertanyaan/perintah, harus di jawab atau di kerjakan pada lembar jawaban.
  • Sandi dapat dikembangkan lagi dengan berbagai model.

  Bahan yang disiapkan

  • Lembar jawaban.
  • Kartu dari kertas manila ukuran 7X10 cm sejumlah kebutuhan. Pada setiap kartu, ditulis pesan rahasia berupa kata/kalimat sandi.
Contoh pesan pada kartu :
  • Kartu 1 : etirw nwod eht seman fo ruoy srebmem.
  • Kartu 2 : tahw od uoy llac :
  • A nam ohw t’nac ees?
  • A nam ohw t’nac raeh?
  • A nam ohw t’nac klaw?
  • A nam ohw t’nac keeps?
  • Kartu 3 : erehw seod ruoy rehtom kooc?
  • Kartu 4 : entirw nwod evif sruoloc uoy wonk.
  • Kartu 5 : tahw si eht larulp mrof fo :
-      Dlihc                     – namow
-      Toof                      – peehs
-      Esuom



Keasikan yang bisa kamu dapatkan

  • Memperkaya khasanah kosa kata bahasa inggris.
  • Point 10 untuk setiap jawaban yang benar.
  • Kelompok yang paling cepat menjawab dan benar, adalah pemenang dalam periode ini.
  • Kelompok yang mengumpulkan point terbanyak berhasil menjadi pemenang utama (THE MAIN MINNER).
  • Kamu dapat juga mengirim pesan dengan secret messages kepada kawan-kawan dengan sms, atau e-mail untuk menguji ketajaman dan kecermatan membaca.
  • Mempererat tali persahabatan dan kekompakan dengan teman.




2.    STIRRED WORDS AND   SENTENCES 

Pesan sebelum bermain

Dalam permainan ini kamu akan menghadapi tantangan yang lebih seru lagi, berupa serangkaian hurup atau kosa kata yang diaduk. Tugas kamu adalah menyusun: hurup-hurup menjadi kata yang bermakna, sedangkan kata-kata yang diaduk di susun menjadi kalimat yang benar dan bermakna.
Aturan permainan
  •  Membentuk beberapa kelompok terdiri atas 3-5 orang.
  •  Persiapkan kelompokmu untuk menyusun hurup-hurup atau kata-kata yang teraduk sesuai perintah yang diberikan.
  •  Perintah dapat di tulis di papan tulis atau secara lisan.
  • Jawaban ditulis pada lembar jawaban.
Bahan yang disiapkan
  • Lembar jawaban.
  • Kartu dari kertas manila ukuran 7X10 sm sejumlah kebutuhan. Pada setiap kartu di tulis dengan hurup-hurup dan kata-kata yang masih berantakan atau teraduk.
Contoh perintah dan huru-hurup teraduk pada kartu
Arrange these letters to make correct words.
-      Pctreiu                  – cleinp                  – luerr
-      Hrubs                    – lemularb              – odarkcbalb
-      Serup                    – wodwni                – balet
Arrange these words to make right sentences.
  •  Kartu 1 : to – last – temple – father – Borobudur – my –went – month.
  •  Kartu 2 : doing – are Tati – you – what?.
  •  Kartu 3 : difficult – is – lesson – explaining -  a – the – teacher.
  •  Kartu 4 : well – can – English – speak – Maria.
  •  Kartu 5 : now – you – maths – are studying? – am – no – not – I.
  • Menguji kecermatan dan ketelitian dalam mengenali kata dan menyusun kalimat yang benar.
  • Menambah kosa kata/vocabulary.
  • 10 points buat jawaban yang benar.
  • Kelompok yang paling cepat menjawab dan benar, adalah pemenang dalam periode ini.
  • Kelompok yang mengumpulkan points terbanyak berhak menjadi pemenang utama (THE MAIN WINNER).
  • Kamu dapat juga mempraktekan permainan ini dengan mengirim sms atau e-mail kepeda kawanmu untuk ketajaman dan kecermatan membaca.

3.     WHO IS THE FASTEST?

Pesan sebelum bermain

Dalam permainan ini kamu akan diajak untuk melakukan lomba adu cepat menemukan kata yang dibacakan orang lain : guru atau salah satu dari kawanmu yang bertindak sebagai juri.

Aturan permainan
  •  Membentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. jumalah anggota harus sama dan seimbang kemampuannya.
  •  Seorang wakil dari masing-masing kelompok maju kedepan papan tulis yang telah berisi daftar kata, siap untuk pasang telinga (kelompok A dan kelompok B sama). Nah, begitu disebutkan sebuah kata oleh guru/juri, wakil dari masing-masing kelompok harus adu cepat member tanda silang pada kata yang didengar.
  • Apabila dalam waktu 15 detik sang wakil tidak mampu menyilang kata, maka dilanjutkan wakil berikutnya dari masing-masing kelompok, hingga semua anggota mendapat giliran. Ingat!!! Setiap wakil hanya boleh member tanda silang satu kali kalau lebih dari satu kali gugur alias di diskualifikasi.

  • Papan tulis, di garis menjadi dua bagian untuk kelompok A dan B. tulis pada papan tulis masing-masing 20 kata yang telah dikenal (familiar) bagi murud-murid : kata benda, kata sifat, kosa kata mengenai tempat, dan sebagainya.
  • Dua buah kapur tulis atau board maker.

Contoh daftar kata :

papan tulis A                                                                                                          papan tulis B
SickSixThreeTree Write
White
Dress
Desk
Horse
House
BrushBusKnifeLife Snake
Snack
Lake
Leg
Wife
weave
SickSixThreeTree Write
White
Dress
Desk
Horse
House
brushBusKnifeLife Snake
Snack
Lake
Leg
Wife
weave
NOTE!!!
Jika 10 kata pada papan tulis telah disilang, daftar kata perlu diganti yang baru.

  • Meningkatkan kemampuan listening dan mengulang vocabulary
  • 10 point buat jagoan yang tercepat dan benar menyilang kata.
  • Kelompok yang mengumpulkan point terbanyak berhak menjadi pemenang utama (THE MAIN WINNER)
SOURCE :

http://www.belajarbahasainggris.us/2012/12/kumpulan-permainan-bahasa-inggris.html
http://wiraambari.blog.com/info/
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

It's me

Foto saya
Setiap orang diberikan anugerah dari sang pencipta. (Each person is given a gift from the creator)

Banner 468 x 60px